get app
inews
Aa Read Next : Menyambut HATN dan WED 2024, PINSAR Gelar Berbagai Acara

UT Distribusikan Puluhan Ribu Buku Bahan Ajar Cetak ke Wilayah Sumatera

Kamis, 27 Juli 2023 | 21:58 WIB
header img
Suasana produksi buku, Kamis (27/7/2023).(Foto: dok. UT).

KLATEN, iNewsBoyolali.idUniversitas Terbuka (UT) kembali distribusikan puluhan ribu buku bahan ajar cetak program pendidikan dasar PGSD dan PGPAUD untuk semester ganjil 2023/2024 ke wilayah Sumatera.

Pantauan dilapangan, puluhan ribu buku yang didistribusikan mengunakan 4 mobil bok berangkat dari sebuah pabrik percetakaan terkemuka di Klaten.

Rektor UT, Prof Ojat Darojat menjelaskan total ada 84 ribuan buku paket bahan ajar yang didistribusikan ke mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia dan sebagian luar negeri.

"Mahasiswa kami kan tersebar di 37 provinsi dan ada yang di luar negeri. Mereka wajib memiliki buku bahan ajar, sehingga produksi ini akan terus berjalan," ujarnya, Kamis (27/7/2023).

Ojat mengatakan meski saat ini sistem pembelajaran sudah memasuki era digital, namun buku bahan ajar tetap diperlukan mahasiswa dalam menjalani proses perkuliahan.

"Kami ada 43 program studi dan sekarang mahasiswa paling banyak itu Fakultas Ekonomi Bisnis, Hukum dan Politik. Bisa saja nanti kita produksi paket lainnya," katanya.

Direktur utama PT Macananjaya, Andika Tri Anggono Yakti menambahkan, sejauh ini pihaknya sudah tiga kali tahapan pengiriman buku.

Pertama di wilayah Indonesia Timur seperti Maluku, kemudian ke kantor pusat Universitas Terbuka plus mahasiswa di luar negeri.

"Sekarang tahapan pengiriman ke tiga untuk area Sumatera, Kalimantan dan Indonesia bagian tengah. Keunggulan kami selain kualitas mesin dan sumber daya, bahan baku kami sudah tersedia. Sehingga proses produksi lebih cepat," paparnya.

Dalam pendistribusian buku tersebut pihak UT menggunakan jasa PT. Pos Indonesia, yang sudah dipastikan pengiriman puluhan ribu buku bahan ajar itu sesuai dengan target yang diberikan.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut