get app
inews
Aa Read Next : Tim Hibah MBKM UNS Menggelar Festival Kirab Budaya & Bazar UMKM di Desa Metuk Boyolali

UNS Kembangkan Hand Sanitizer Gel Non-alkohol Pakai Minyak Sereh

Selasa, 18 Juli 2023 | 20:47 WIB
header img
Tim UNS menunjukkan produk hand sanitizer gel non-alkohol menggunakan minyak sereh. (Foto: Ist/ UNS).

SOLO, iNewsBoyolali.id –  Tim Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengembangkan hand sanitizer gel non-alkohol menggunakan minyak sereh. Produk tengah dalam proses pengajuan sertifikasi halal.

Pengembangan hand sanitizer gel non-alkohol dilakukan Tim Pengabdian Masyarakat (PKM) skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Program Studi (Prodi) D-3 Farmasi Sekolah Vokasi (SV) UNS.

Tim PKM diketuai apt Dian Eka Ermawati, M.Sc dengan beranggotakan M Fiqri Zulpadly MH, M.Biomed, dan M. Nur Dewi Kartikasari, S.S.T M.Kes apt. Dalam pengembangan produk, UNS menggandeng mitra Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Surya Wulan Kabupaten Kulonprogo yang dimulai pada tahun 2021.

“Tahun pertama, wujud kerja sama adalah mengembangkan bahan baku minyak sereh sebagai bahan aktif sediaan hand sanitizer spray dan handwash dalam rangka diversifikasi produk minyak atsiri menjadi produk Perbekalan Kebersihan Rumah Tangga (PKRT) pada masa pandemi Covid-19,” kata Ketua Tim PKM, Dian Eka Ermawati, Selasa (18/7/2023).  

Tahun 2022 kerja sama dilanjutkan dengan menggandeng mitra industri, yaitu PT Kymmoshi Global Indonesia yang berlokasi di Sukoharjo. PT Kymmoshi adalah industri PKRT yang produknya banyak bergerak dibidang kebersihan seperti humidifier, woundcare, petcare, cairan pembersih ternak, dan lain sebagainya.

“Tujuan menggandeng mitra industri adalah membantu mitra UMKM dalam mengajukan izin edar PKRT untuk produk handwash,” ucapnya.

Pada tahun 2023, tim membantu diversifikasi minyak sereh UMKM menjadi sediaan hand sanitizer gel bebas alkohol. Gelling agent merupakan komponen penting dalam sediaan gel untuk aplikasi topical.

Mitra industri dalam kegiatan ini berperan sebagai support material, yaitu membantu pengadaan polimer gel yang compatible baik dengan bahan aktif larut air maupun minyak, sehingga dapat mengurangi pemakaian alkohol sebagai pelarut.

Minyak sereh produksi UMKM Surya Wulan telah teruji memiliki aktivitas antibakteri spektrum luas dengan kategori kuat terhadap bakteri Streptococcus aureus, Escerichia coli, dan Salmonella sp. Selain itu juga efektif membuhuh jamur Candida albican setara antibiotik.

“Transfer of Knowledge yang telah diberikan dan didampingi selama tiga tahun terakhir diharapkan memberikan keterampilan dalam mengembangkan usaha UMKM dalam mengolah minyak atsiri menjadi produk dengan nilai manfaat dan ekonomi yang lebih baik,” ujarnya.

Setelah mendapatkan izin edar produk, selanjutnya untuk memperoleh kepercayaan pasar perlu dilanjutkan untuk pengajuan sertifikasi halal.

"Usaha sertifikasi halal ini sampai dengan saat ini sedang dalam tahap melengkapi dokumen yang dibutuhkan,” katanya.

Pihaknya berharap, hubungan harmonis antara dunia perguruan tinggi, dunia usaha, dan dunia industri (DUDI) dan masyarakat dapat terjalin lebih erat. 

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut