get app
inews
Aa Read Next : Antisipasi Lakalantas Petugas Gabungan Sidak Ram check ke Sejumlah PO Bus di Boyolali

Awas! Satlantas Polres Boyolali Gelar Operasi Patuh Zebra Candi

Senin, 10 Juli 2023 | 19:23 WIB
header img
Operasi Patuh Zebra Candi Satlantas Polres Boyolali.(Foto: Ist/Satlantas)

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id –  Satlantas Polres Boyolali, Jawa Tengah akan melakukan operasi Patuh Zebra Candi yang dimulai hari ini tanggal 10 hingga 23 Juli 2023 mendatang. Operasi tersebut menyasar para pengguna kendaraan yang tidak tertib berlalulintas.

Kasatlantas Polres Boyolali AKP M. Herdy Pratama menjelaskan sasaran Operasi Zebra Candi adalah para pengguna jalan yang melawan arah, tidak menggunakan helm untuk roda dua, mengemudi menggunakan handphone, knalpot tidak standar atau brong, sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi belum cukup umur.

Selain itu, mengemudi roda empat tidak menggunakan sabuk keselamatan, melebihi batas kecepatan, kendaraan pribadi yang menggunakan rotator, strobo dan bak terbuka untuk angkutan orang.

"Yang kami harapkan dengan adanya operasi ini masyarakat menjadi lebih patuh dan tertib lalu lintas. Karena sesuai dengan tema operasi Patuh Zebra Candi 2023 adalah patuh dan tertib lalu lintas cermin kualitas bangsa," ujarnya, Minggu (9/7/2023).

Herdy menjelaskan, operasi patuh dibagi menjadi tiga bagian, yaitu pre-emptif, preventif, dan represif. Pada operasi patuh ini menggunakan pola yaitu pre-emptif 20% dengan melakukan  pembinaan dan penyuluhan ke sekolah-sekolah hingga kelompok masyarakat.

Kemudian untuk preventif yaitu melaksanakan kegiatan pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Sedangkan kegiatan represif yaitu melakukan penindakan terhadap para pengguna jalan yang melanggar lalu lintas.

"Kita juga harapkan ini menjadi presenter bagi masyarakat bahwasanya tertib itu keren dan melanggar itu enggak bagus atau bisa dibilang alay," imbuhnya.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut