get app
inews
Aa Read Next : Anggota DPR RI Partai Gerindra Menyayangkan Pernyataan Ganjar Pranowo

Ribuan Ikan di Waduk Kedung Ombo Boyolali Mati Massal

Minggu, 01 Januari 2023 | 21:58 WIB
header img
Ikan di karamba Waduk Kedung Ombo Boyolali Mati, Minggu (1/1/2023).(Foto: iNewsBoyolali.id).

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id –  Ribuan ikan milik petani karamba di Waduk Kedung Ombo, Desa Wonoharjo, Kecamatan, Kabupaten Boyolali mati massal, akibatnya  petani mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah, Minggu (1/1/2023).

Salah satu petani ikan di karamba, Marno (38) menjelaskan, ikan jenis ikan mas dan nila yang dibudidayakan petani karamba di Waduk Kedung Ombo mengalami mati massal sejak Sabtu (31/12/2022) sore, dan diperkirakan  ikan yang mati mencapai 2 ton. Hal tersebut diduga akibat Cuaca buruk .

"Cuacanya dingin tidak ada panas, oksigen ngedrop, terus  upwelling keluar dari bawah, itu kan kayak racun. Cuaca buruk ini sudah hampir tiga hari ini. Ikan mati mulai kemarin. Ikan emas dan ikan nila. Total yang mati sekitar 20 ton," ujarnya.

Marno mengungkapkan akibat kejadian ini ia mengalami kerugian mencapai miliaran rupiah. Saat ini untuk harga ikan dikisaran Rp 25.000 sampai Rp 26.000 per kilogram.

"Harga ikan saat ini Rp 25.000 sampai Rp 26.000 per kilogram. Kerugian tinggal mengalikan saja 20 ton," ujarnya.

Di Waduk Kedung Ombo ada ratusan petani ikan. Semuanya mengalami kondisi yang sama, ikan mati massal.

Kejadian ikan mati massal ini yang kedua kali, sebelumnya pada 2018 petani juga dipusingkan dengan ikan mati massal. Petani pun berharap ada bantuan dari pemerintah.

"Ikan mati massal juga pernah terjadi pada 2018. Tapi lebih banyak tahun ini. Agar ikan tak mengalami mati lagi, upayanya penyemprotan lalu dikasih oksigen. Ada yang karambanya dipindah-pindah," ujarnya.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut