BASKOM, Gerakan Bersama Tingkatkan Kualitas Konten Promosi Pariwisata DIY

Kuntadi
Jalan Malioboro Yogyakarta. (Foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNewsboyolali.id - Badan Otorita Borobudur (BOB) meluncurkan program BASKOM (Bahas Konten Media Sosial), sebuah lokakarya intensif untuk meningkatkan kualitas dan keseragaman konten promosi pariwisata di seluruh DIY. Program ini melibatkan seluruh Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota yang fokuspada penguatan strategi storytelling serta kolaborasi digital.

Direktur Keuangan, Umum, dan Komunikasi Publik BPOB Yusuf Hartanto mengatakan, BASKOM dirancang untuk mendorong penyusunan konten media sosial yang lebih humanis dan informatif. BOB menilai masih banyak potensi lokal yang belum tergarap maksimal, terutama kisah-kisah masyarakat yang menjadi bagian penting dalam ekosistem pariwisata.

“Pariwisata DIY bukan hanya ikon-ikon populer, tetapi juga masyarakat yang menjaga dan menghidupkan destinasi,” kata Yusuf, Selasa (9/12/2025). 

Program ini diharapkan dapat membantu Dinas Pariwisata menggali dan memproduksi konten yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memiliki nilai cerita. Program ini harus bisa menyamakan standar publikasi agar promosi pariwisata DIY berjalan lebih terarah dan saling mendukung antarwilayah. 

“Pada pelaksanaannya kami melibatkan tim komunikasi dari Provinsi DIY, Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta,” ujarnya.

Melalui program ini, BOB optimistis publikasi pariwisata DIY akan semakin kompetitif dan mampu meningkatkan jangkauan promosi baik di tingkat nasional maupun internasional. 

“Konten yang kuat dan terintegrasi akan berpengaruh langsung pada peningkatan minat kunjungan wisatawan,” kata Yusuf.

Editor : Tata Rahmanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network