Aksi Ribuan Orang Bersihkan Waduk Cengklik Boyolali Pecahkan Rekor Muri

Tim iNews.id
Ribuan peserta terjun ke tepi Waduk Cengklik untuk elakukan aksi bersih-bersih, Kamis (8/8/2024).Foto: iNewsBoyolali.id

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id – Sebanyak 1.325 orang pecahkan rekor muri dengan membersihkan waduk secara bersama-sama di Waduk Cengklik, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Hari Kamis (8/8/2024). Selain untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan RI ke-79, kegiatan tersebut juga sabagai aksi nyata menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan waduk  yang merupakan obyek vital penyedia air bagi pertanian, sekaligus sebagai destinasi wisata unggulan.

Para peserta membersihkan dengan alat seadanya yakni memungut sampah plastik, dedaunan kering hingga enceng gondok yang mengering. Peserta berasal dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, anggota TNI AU Lanud Adi Soemarmo, Pemkab Boyolali, pelajar, komunitas pecinta Waduk Cengklik, sukarelawan serta masyarakat

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Maryadi Utama menjelaskan, aksi bersih-bersih Waduk Cengklik  diikuti sebanyak 1.325 orang berhasil memecahkan rekor muri.

“Kedepan hasil kerjasama yang baik antara BBWSBS, TNI AU Lanud Adi Soemarmo dan Pemkab Boyolali dapat terus bersinergi demi menjaga kebersihan dan kelestarian Waduk Cengklik, agar terus bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar”. Jelas Maryadi.

Hal senada juga disampaikan Camat Ngemplak, Ari Wahyu Prabowo mengatakan aksi bersih-bersih waduk secara bersama-sama ini yang juga dicatat dalam Museum Rekor Indonesia, merupakan sebagai langkah awal agar menimbulkan rasa memiliki masyarakat akan Waduk Cengklik.

“Karena dengan rasa memiliki, tentu masyarakat ikut menjaga kelestarian waduk. Dengan harapan akan berdampak positif bagi kelangsungan peningkatan ekonomi masyarakat, melalui pertanian maupun pariwisata.” Kata Ari.

Diharapkan dengan pemecahan rekor muri ini tidak hanya memupuk semangat peringatan hari Kemerdekaan RI dan tidak berhenti disini, melainkan akan terus menjaga kelestarian lingkungan Waduk Cengklik yang merupakan obyek vital penyedia air bagi pertanian, sekaligus sebagai destinasi unggulan obyek wisata.

Editor : Tata Rahmanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network