Awali Panen Raya, Warga Desa Banyuanyar Boyolali Gelar Tradisi Kenduri Wiwit Kopi

Tim iNews.id
Petani memetik biji kopi di kebun kopi Desa Banyuanyar, Kecamatan Ampel, Boyolali, Kamis (27/6/2024). Foto: Ist/

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id –  Petani dan warga lereng Gunung Merbabu, Desa Banyuanyar, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali menggelar Tradisi Kenduri Wiwit Kopi pada hari Kamis (27/6/2024). Tradisi tersebut dilakukan sebelum warga melakukan petik kopi dalam musim panen raya pada tahun ini.

Acara wiwit kopi diawali dengan   mengarak beberapa tumpeng nasi dan sesaji menuju perkebunan kopi di desa setempat. Dalam kirab ini ada beberapa tokoh wanita cantik yang dilambangkan sebagai Dewi Sri sebagai sosok yang dipercaya membawa keberkahan bagi sektor pertanian.

Salah satu petani kopi Nyoto mengatakan, Setelah tumpeng nasi dan sesaji dikumpulkan di tengah kebun kopi, warga dipimpin tokoh agama melakukan berdoa bersama, setelah itu barulah warga mulai memanen biji kopi.

“tradisi wiwit kopi memang sudah saya laksanakan sejak dulu, ini melestarikan budaya nenek moyang dulu, kalau memulai panen apapun baik padi, cabai, atau kopi itu sebaiknya seharusnya dengan acara wiwitan dan ritualnya seperti ini. Ini ya sebagai ungkapan syukur terhadap tuhan yang maha kuasa.” Ungkap Nyoto.

Editor : Tata Rahmanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network