Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Pemerintah Desa Urutsewu Gelar Bazzar UMKM

Tata Rahmanta
Suasana bazzar UMKM Desa Urutsewu, Kecamatan Ampel, Boyolali, Jumat(6/10/2023).(Foto: Diskominfo-Byl).

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id  –  Pemerintah Desa Urutsewu, Kecamatan Ampel, Boyolali menggelar bazaar  ditengah perkampungan, langkah tersebut bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di pedesaan. Bazzar diikuti puluhan peserta UMKM tingkat rukun tetangga (RT) seluruh des setempat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes)Boyolali Yulius Bagus Triyanto mengatakan, sampai saat ini pemerintah kabupaten Boyolali terus mendorong UMKM disetiap desa, sehingga perekonomian desa akan berkembang.

“Selama ini Pemkab Boyolali terus mendorong UMKM yang berada di setiap desa. Sebab, dengan adanya UMKM tersebut perekonomian desa akan berkembang,”katanya kepada wartawan,Jumat(6/10/2023)siang di Desa Urutsewu.

Menurutnya, dengan adanya UMKM ini tentunya perputaran keuangan   tingkat desa akan lebih baik. Namun, potensi UMKM yangn berada di setiap desa tersebut tidak dimunculkan oleh pemerintah desa.

“Seharusnya UMKM yang berada di setiap desa itu dimunculkan, kalau dimunculkan sebenarnya akan meningkatkan ekonomi desa serta menjadi perputaran uang di desa. Tapi pemdes itu tidak mau memunculkannya,”kata dia.

Yulius meminta, UMKM di Desa Urutsewu tersebut dibuatkan sebuah katalog, kemudian UMKM yang berada di tingkat RT ini nantinya dibantu pemasarannya oleh pemdes. Sebab, sekarang ini eranya digital, sehingga akan memudahkan para pemasaran UMKM.

“Jadi sekarang ini eranya digital, nanti UMKM ini dibuatkan katalog dan desa membantu pemasarannya. Lewat media sosial,”jelas dia.

Sementara itu, Kepala Desa Urut Sewu  Sri Haryanto mengungkapkan, kegiatan bazar ini untuk mengangkat produk UMKM disetiap RT yang berada di Desa Urutsewu. Bahkan, stand yang disediakan panitia tidak mencukupi, sehingga mereka mendirikan diluar tenda.

“Produk UMKM yang dipasarkan berbagai kerajinan tangan, olahan kripik, sayur organic dan masih banyak yang lainnya. Semua ini hasil produk UMKM Desa Urutsewu,”kata dia.

Ia berharap, UMKM Desa Urutsewu terus berkembang dan meningkat. Lanjut dia, UMKM ini nantinya akan dibuat katalog kemudian dipasarkan melalui medsos desa, sehingga produk UMKM di kenal masyarakat luas.

“Nantinya UMKM ini kami pasarkan melalui IG desa Urutsewu, jadi produk nya akan dikenal oleh masyarakat luas. Kalau sudah begitu ekonomi masyarakat akan meningkat,”pungkasnya.

Editor : Tata Rahmanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network