Layani Aduan Masyarakat Dalam 24 Jam, Kualitas Pelayanan RSUD Salatiga Naik

Tata Rahmanta
Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi saat membuka kegiatan forum konsultasi publik pada acara sarasehan bersama tokoh masyarakat dan agama mengenai layanan di RSUD di Gedung Setda, Senin (12/6/2023).(Foto: Ist/ RSUD).

SALATIGA, iNewsBoyolali.id RSUD Salatiga membuka layanan aduan terkait pelayanan secara online. Setiap aduan dari pasien maupun masyarakat, bisa terlayani dan ditangani dalam waktu 24 jam.

Kecepatan dalam penanganan aduan masyarakat, membuat kualitas pelayanan RSUD Salatiga meningkat. "Dalam satu tahun belakangan, grafik kualitas pelayanan di RSUD meningkat. Saya mengapresiasi jajaran RSUD yang sudah memberikan pelayanan terbaik," kata Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi saat membuka sarasehan bersama tokoh masyarakat dan agama mengenai layanan RSUD Salatiga di Gedung Setda, Senin (12/6/2023).

Sinoeng mengatakan, pelayanan di RSUD tidak hanya sebatas medis saja. Namun pelayanan dasar secara umum juga harus diterapkan dengan optimal. "Keramahan juga menjadi salah satu yang wajib dilakukan oleh semua pegawai RSUD saat melayani pasien maupun masyarakat. Saya juga menerapkan SOP (standar operasional pelayanan) setiap melayani aduan masyarakat harus di awali dengan kata mohon maaf," ujarnya.

Menurutnya, sikap ramah diperlukan dalam pelayanan. Sebab tidak semua orang sakit, disebabkan oleh penyakit. "Contoh orang tua, sebagian pasien orang tua sakit bukan karena penyakit. Namun ada juga yang disebabkan oleh faktor psikologis. Sehingga perlu sentuhan psikologis saat melayani pasien. Nah, saya lihat RSUD Salatiga sudah menerapkannya," ucapnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Salatiga Riani Isyana Pramasanthi mengatakan, dalam percepatan peningkatan mutu dan kualitas pelayanan di RSUD Kota Salatiga diperlukan peran serta penyelenggara pelayanan publik dan partisipasi dari masyarakat selaku penerima pelayanan. Peran serta masyarakat tersebut diwujudkan melalui koordinasi antara penyelenggara pelayanan dengan masyarakat sebagai pengguna layanan yang diwadahi dalam bentuk forum konsultasi publik.

"Kami juga membuka layanan aduan secara online. Aduan masyarakat secepatnya kita tanggapi dan kita tangani dalam waktu 24 jam," ujarnya.

Lebih jauh dia mengatakan, RSUD Kota Salatiga adalah rumah sakit tipe B Pendidikan milik Pemerintah Kota Salatiga yang belum lama ini telah menjalani re-akreditasi dengan predikat paripurna pada bulan Desember 2022. "Integritas dalam bekerja dan memberikan pelayanan kesehatan yang prima menjadi prioritas utama RSUD Kota Salatiga," katanya.

Editor : Tata Rahmanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network