get app
inews
Aa Read Next : Buka Festival Antikorupsi 2024, Bupati : Ayo Bergerak Bersama Cegah Korupsi

DWP Kabupaten Klaten Gelar Lomba Kethoprak Wanita

Rabu, 16 Oktober 2024 | 20:04 WIB
header img
Anggota DWP Kabupaten Klaten mengikuti lomba kethoprak wanita di Pendopo Ageng Kabupaten Klaten, Rabu (16/10/2024). Foto: Saeful Efendi iNews/TV

KLATEN –  Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Klaten menggelar lomba kethoprak wanita di Pendopo Ageng Kabupaten Klaten, Rabu (16/10/2024). Lomba ini digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi DWP Kabupaten Klaten ke-25.

Ketua DWP Kabupaten Klaten, Evi Jajang Prihono menyampaikan lomba ini diikuti pengurus dan anggota DWP dari berbagai unsur pelaksana di Kabupaten Klaten. Adapun seluruh pelakon yang turut serta dalam  lomba kethoprak ini diperankan oleh  wanita.

"Ini merupakan lomba kethoprak yang seluruhnya diperankan oleh pelakon wanita," paparnya.

Menurutnya lomba kethoprak wanita ini merupakan yang pertama kali digelar di Klaten. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan DWP Klaten dalam pelestarian budaya.

"Kegiatan ini juga menjadi dukungan dan apresiasi menuju Klaten sebagai kota kethoprak," ungkapnya.

Dalam lomba ini dibawakan lima lakon, yaitu Sireping Surya Majapahit 1447, Kalatidha 1883, Katresnan Ing Bumi Metaram 1670, Mlathen 1758, dan Manunggaling Medang 855. Apapun aspek penilaian meliputi di antaranya; tata bahasa Jawa, pembawaan peran, hingga penyutradaraan.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekda Klaten, Jajang Prihono yang ditandai dengan pemukulan kentongan. Dalam sambutannya mewakili Bupati Klaten, Sri Mulyani, Sekda menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya lomba kethoprak wanita ini. Menurutnya hal ini merupakan bentuk pelestarian budaya di Kabupaten Klaten, khususnya seni kethoprak yang disengkuyung oleh berbagai pihak.

"Hal ini menunjukkan kepedulian yang besar terhadap pelestarian budaya di Kabupaten Klaten. Kegiatan ini juga merupakan hal yang baru di mana semua pelakonnya adalah wanita, anggota DWP Kabupaten Klaten," paparnya.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut