get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Jemaah Hadiri Pengajian Akbar Habib Syech, Boyolali Bersholawat

Ratusan Warga dan Pelajar di Boyolali Terjaring Operasi Zebra Candi

Senin, 04 September 2023 | 21:19 WIB
header img
Kasatlantas Polres Boyolali AKP M Herdi Pratama mengecek surat kendaraan milik pelajar, Senin (04/09/2023).(Foto: Diskominfo-Byl).

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id –  Hari pertama Operasi zebra candi Digunakan  jajaran kepolisian Polres Boyolali untuk sosialisasi kepatuhan membayar pajak, di pintu masuk komplek perkantoran kabupaten Boyolali tepatnya di Boulevard Soekarno pada Senin (04/09/2023)sore.

Saat razia berlangsung, sejumlah pelajar yang hendak pulang sekolah nampak panic dan kebinggungan saat melintasi jalur yang digunakan petugas melakukan operasi zebra candi 2023.

Kasatlantas Polres Boyolali AKP M Herdi Pratama mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan sosialisasi kepatuhan pembayaran pajak kendaraan bermotor serta ketertiban dan kelengkapan surat kendaraan bermotor.

“Jadi pada operasi zebra candi kali ini adalah untuk mengingatkan masyarakat untuk membayar kendaraan bermotor. Dan ini bagian dari menekan angka lakalantas dan tertib berlalulintas,”katanya kepada boyolali.go.id di lokasi operasi zebra.

Dalam operasi zebra candi pada hari pertama ini,kata dia, petugas menemukan sejumlah pengendara bermotor tidak melengkapi surat surat kendaraanya serta sejumlah pengendara masih di bawah umur.

“Tadi ada juga yang masih dibawah umur, terus tidak melengkapi surat suratnya. Adanya juga yang terus terang, belum membayar pajak. Kemudian kami sarankan untuk membayar pajak,”ujar dia.

Terkait tindakan tilang, lanjut dia, dalam operasi zebra candi ini lebih mengarah ke sosialisasi, namun apabila ada pelanggaran kasat mata, seperti halnya tidak pakai helm serta berkenalpot brong.

“Sebenarnya kami belum melakukan penilangan dalam operasi ini, namun penilangan apabila terjadi pelanggaran kasat mata,”tandasnya.

Sementara itu, Kepala UPPD Samsat Boyolali Agus Pranoto mengatakan, bahwa peningkatan pajak dari masyarakat tersebut akan berpengaruh besar terhadap peningkatan bagi hasil yang diberikan dari Provinsi Jawa Tengah terhadap kabupaten Boyolali.

“Kami mengajak kepada masyarakat pemilik kendaraan untuk patuh pajak. Jadi masyarakat semakin patuh dengan pajak, tentu pembangunan di kabupaten Boyolali akan mengalami peningakatan pula,”ujar dia.

Agus menambahkan, operasi zebra candi ini juga dapat menekan tunggakan jumlah kendaraan bermotor. Dimana, di Boyolali ini tunggakan pajak kendaraan bermotor masih cukup besar yakni Rp 51 miliar kemudian untuk obyeknya sekitar 115 ribu.

“Dari tahun 2022 hingga sekarang ini tunggakan cukup besar kurang lebih mencapai Rp 51 miliar kemudian obyeknya sekitar 115 ribu. Saat ini ada program bebas sanksi administrasi dan pokok pajak kendaraan.Program ini berlaku dari 28 Agustus sampai 30 September 2023,”pungkasnya.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut