get app
inews
Aa Read Next : Subdit Narkoba Polda Jateng Lakukan Razia dan Tes Urine Warga Binaan Rutan Kelas IIB Boyolali

Rutan Salatiga Gelar Tes TB dan Vaksin, Ini Tujuannya

Selasa, 04 Juli 2023 | 22:16 WIB
header img
Sejumlah warga binaan Rutan Salatiga saat menjalani tes urin, Selasa (4/7/2023).(Foto/IST)

SALATIGA,iNewsBoyolali.id – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salatiga menggelar pemeriksaan Tuberkulosis (TB) pada seluruh Warga Binaan dan pegawai serta pelaksanaan vaksinasi, Selasa (4/7/2023). Kegiatan yang diselenggarakan di aula dalam Rutan Salatiga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Salatiga dalam hal ini Puskesmas Sidorejo Lor Kota Salatiga diikuti oleh 176 warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan petugas Rutan.

Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano mengatakan, sebagai wujud meningkatkan pelayanan kesehatan pada seluruh warga binaan dan tindak lanjut perintah Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Rutan Salatiga mengadakan pemeriksaan TB, vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan gratis.

"Wujud meningkatkan pelayanan kesehatan pada seluruh Warga Binaan, Rutan Salatiga mengadakan pemeriksaan TB, vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan gratis," ujarnya.

Andri berujar Rutan Salatiga berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan pemenuhan hak - hak dasar bagi seluruh WBP tanpa kecuali dan seluruh jenis pelayanan di Rutan Salatiga tidak dipungut biaya alias gratis.

"Kami terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan pemenuhan hak - hak dasar bagi seluruh WBP tanpa kecuali dan seluruh jenis pelayanan di Rutan Salatiga tidak dipungut biaya alias gratis, seperti hari ini kami adakan pemeriksaan kesehatan," ucapnya.

Sementara itu dokter Rutan Muhammad Ihsan menjelaskan kegiatan diawali dengan pemeriksaan TB pada seluruh WBP dan pegawai serta dilaksanaan pemeriksaan penyakit tidak menular seperti cek tekanan darah maupun gula darah.

"Kegiatan hari ini diawali dengan pemeriksaan TB pada seluruh WBP dan pegawai serta dilaksanaan pemeriksaan penyakit tidak menular seperti cek tekanan darah maupun gula darah," jelasnya.

dr Muhammad Ihsan menambahkan untuk pelaksanaan vaksinasi sendiri dilayani pada WBP maupun petugas dengan jenis vaksin booster dosis pertama maupun kedua hingga WBP baru yang belum mendapat vaksinasi sama sekali.

"Pelaksanaan vaksinasi sendiri dilayani untuk WBP maupun petugas, dengan diberikan vaksin booster dosis pertama maupun kedua hingga WBP baru yang belum mendapat vaksinasi sama sekali serta kami bersyukur hasil pemeriksaan seluruh WBP dalam keadaan sehat" tandasnya.

Perlu diketahui Rutan Salatiga secara rutin menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis secara internal maupun bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, stakeholder terkait hingga teman-teman dari FKIK UKSW.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut