get app
inews
Aa Read Next : Matur Dokter dan Padi Rajalele Srinuk Masuk Penilaian Validasi Lapangan IGA 2023

Memberikan Hak yang Sama, Puskesmas Selo Luncurkan Posyandu Khusus Disabilitas

Minggu, 04 Desember 2022 | 12:46 WIB
header img
Launching Program Posyandu khusus penyandang disabilitas ditandai dengan pelepasan balon udara, Jumat (02/12/2022).(Foto: Dok. Diskominfo Boyolali).

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id –  Program Posyandu khusus penyandang disabilitas resmi dilaunching Puskesmas Selo Boyolali. Acara yang mengambil tema Tuntas atau Tumbuh Tanpa Batas, berlangsung di Joglo Mandala Wisata Desa Lencoh pada Jumat (02/12/2022),

Kepala Puskesmas Selo, Aris Prasetya menjelaskan Posyandu khusus penyandang disabilitas sangat dibutuhkan. Meskipun secara fisik para anak anak penyandang disabilitas berbeda dengan anak yang lain, namun mereka tetap memiliki hak dalam pelayanan kesehatan.

"Jadi kesehatan pada prinsipnya adalah  hak setiap warga negara, salah satunya adalah bagi anak anak penyandang disabilitas. Harapan kami anak anak mempunyai masa depan yang lebih baik terkait memdapatkan pelayanan kesehatan yang lebih optimal," katanya di sela acara.

Sementara itu, Camat Selo, Cahyo Wiratno menyebut bahwa posyandu khusus penyandang disabilitas ini merupakan satu satunya program di Kabupaten Boyolali, diharapkan mampu memberikan contoh positif kepada kecamatan yang lain.

"Posyandu disabilitas ini dan satu satunya di Kabupaten Boyolali dan bisa menjadi satu projek untuk kecamatan yang lain terkait dengan disabilitas. Harapan ke depan mudah mudahan ini bisa menjadi contoh untuk teman teman kecamatan lain," ujar Cahyo.

Dari data, di Kecamatan Selo, terdapat 67 anak penyandang disabilitas usia 0-24 tahun. Jumlah tersebut terdiri dari tuna netra tiga orang, tuna rungu tiga orang, tuna wicara empat orang, dan tuna daksa 13 orang. Selain iyu, ada pula anak yang mengalami down syndrome sembilan orang, dan kombinasi sebanyak 13 orang, serta keterlambatan dalam belajar sebanyak 22 orang. Para penyandang disabilitas ini akan dilayani oleh 18 fasilitator atau pendamding tingkat desa untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut