get app
inews
Aa Read Next : Bupati kukuhkan 30 Pengurus FPRB Kabupaten Boyolali Masa Bakti 2023 - 2024

Musim Penghujan Penambangan Pasir Boyolali Diminta Waspadai Banjir Di Sungai

Kamis, 20 Oktober 2022 | 21:45 WIB
header img
Dua warga lereng gunung merapi menambang pasir di aliran sungai (foto: dok iNewsBoyolali.id)

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali meminta kepada warga penambang pasir di daerah aliran sungai untuk mewaspadai kemungkinan terjadi banjir di bagian aliran sungai tempat penambangan pasir saat hujan turun.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Boyolali Widodo Munir di Boyolali, menjelasakan bahwa dari peringatan dini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hujan lebat berpoteni terjadi di wilayah Banyudono, Kemusu, Karanggede, Ampel, dan daerah penambangan pasir di Selo.

Oleh sebab itu, BPBD meminta para penambang tradisional di lereng Merapi untuk meningkatkan kewaspadaan kemungkinan terjadi banjir dan longsor selama kegiatan penambangan.

Banjir berpotensi terjadi di daerah aliran sungai yang menjadi tempat penambangan pasir seperti Kali Apu di wilayah Selo maupun Sungai Gandul yang berhulu di Gunung Merapi saat hujan lebat turun dan kondisi yang demikian bisa membahayakan keselamatan para penambang.

"Ketika terjadi hujan jangan melakukan aktivitas, akan membahayakan para penambang sendiri. Jaga keselamatan jiwa ketika melakukan penambangan baik di sungai maupun di lahan sendiri," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Boyolali Widodo Munir, Kamis (20/10/2022). 

Dia juga menyampaikan peringatan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi bahwa Gunung Merapi statusnya masih siaga. Masyarakat yang ada di kawasan rawan bencana (KRB) Gunung Merapi, khususnya Desa Tlogolele dan Klakah di Kecamatan Selo Boyolali, diminta mewaspadai kemungkinan gunung api itu mengalami erupsi selama musim hujan.
 

Editor : Tata Rahmanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut