Lomba Seni Mural Meriahkan Peringatan HUT RI ke 78 tahun di Teras Boyolali

Tata Rahmanta
Peserta sedang melukis mural di dinding dalam rangka Peringatan HUT RI ke 78 tahun di Teras Boyolali (Foto: dok. iNewsBoyolali.id)

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id – Berbagai cara dapat dilakukan warga untuk memeriahkan peringatan HUT RI ke 78 tahun. Di Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali puluhan orang pecinta seni lukis mural mengekspresikan diri dari berbagai karya di dinding.

Goresan kuas dengan cat warna-warni terlihat menghiasi tembok sebuah gang di Desa Randusari, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (5/8/2023).

Lukisan yang diaplikasikan dalam bentuk mural tersebut merupakan karya masyarakat dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 78.

Panitia HUT Kemerdekaan RI ke 78, yang sekaligus Camat Teras, Joko Suseno menjelaskan, dengan tema HUT RI ke 78 tahun kecamatan Teras menggelar lomba seni lukis mural. Lomba ini diikuti sebanyak 23 peserta dari kelompok pelajar SMP, SMA dan kelompok warga.

“Lomba ini bagian dari menggali potensi bagi yang memiliki jiwa seni lukis. Ya, pesertanya ada 23 peserta, sebenarnya yang daftar itu banyak, namun karena terbatasnya dinding untuk melukis terpaksa kita ambil 23 peserta,”katanya kepada wartawan, Sabtu(5/8/2023). 

Ia mengatakan, kriteria penilaian lomba mural yakni dilihat dari ide dasar, kesesuaian gambar dengan tema kemerdekaan, kerapian, dan sebagainya. Hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan senilai total Rp 3 juta.

"Sebetulnya lomba ini bukan masalah terkait dengan nominalnya, tapi yang terpenting adalah semangat dalam mengisi kemerdekaan," ujarnya.

Sementara itu, salahsatu peserta lomba seni mural Muhtohir mengaku, senang bisa berpartisipasi ikut lomba mural. Bersama dua rekannya, ia pun berbagi peran menyelesaikan lukisannya.

"Konsep yang kami gambar ini ada wajah dan tangan yang memegang bendera sambil meneriakkan semangat perjuangan," ujarnya.

Editor : Tata Rahmanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network