Longsor Timpa Rumah Warga di Lereng Gunung Merbabu Boyolali

Tata Rahmanta
Talud longsor timpa rumah hingga rusak parah di Dusun Rejosari, Desa Seboto, Kecamatan Geladaksari, Kabupaten Boyolali, Kamis (23/2/2023).(Foto: Dok. iNewsBoyolali.id).

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id –   Rumah milik Suparno warga lereng Gunung Merbabu sisi utara, di Dusun Rejosari, Desa Seboto, Kecamatan Geladaksari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah rusak parah setelah tertimpa material lonsoran talud ilik sunardi, pada Kamis (23/2/2023).

Petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri, relawan, dan warga yang tiba dilokasi langsung bahu membahu membersihkan material longsoran yang masuk ke dalam rumah setelah menjebol dinding bagian samping.

Data dari Pusdalops BPBD Boyolali, peristiwa bencana longsor itu terjadi pada Rabu (22/2/2023) malam sekitar pukul 22.00 WIB. Talud sepanjang 10 meter dengan tinggi 4 meter dan lebar 2 meter mengalami longsor.

Material longsoran mengenai sebuah rumah milik Suparno hingga menyebabkan dinding rumah jebol. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kerugian materiil masih dalam penghitungan.

Camat Geladaksari, Sarji, mengatakan, kondisi cuaca pada Rabu (22/2/2023) di wilayah Geladaksari diguyur hujan deras. Sehingga mengakibatkan talud longsor hingga mengenai rumah warga.

"Hari ini gotong-royong. Mudah-mudahan hari ini bisa dibersihkan oleh teman-teman yang dari berbagai macam organisasi, ada dari Banser, Rempala, dan macam-macam banyak," ujarnya, Kamis (23/2/2023).

Dijelaskan, bencana longsor terjadi di dua titik lokasi. Untuk lokasi longsoran kedua berada di atas lokasi longsoran pertama. Beruntung material longsoran hanya mengenai jalan dan langsung bisa dibersihkan.

"Di atas itu kecil-kecil dan hanya ke jalan sehingga tidak ada kerugian materiil. Langsung bisa dibersihkan sehingga tidak menggangu akses jalan antara Geladaksari ke Selo. Bencana longsor telah dilaporkan ke bupati," ujarnya.

Salah satu Ketua Relawan Rapi Wilayah 32 Boyolali, Ayub Sarjono, mengatakan, setelah mendapatkan informasi adanya longsor, pihaknya langsung mengecek ke lokasi sekaligus mendata kebutuhan yang diperlukan, termasuk kesiapan untuk gotong-royong.

"Hari ini disamping warga sekitar juga ada bantuan relawan dari Rapi, Banser, dan tokoh-tokoh masyarakat yang lain. Kalau hari ini belum selesai nanti kami kirim relawan lagi," ujarnya.

Editor : Tata Rahmanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network