Di Guyur Hujan Deras Seharian Jalan Utama antar Kecamatan di Boyolali Longsor

Tata Rahmanta
Di Guyur Hujan Deras Seharian Jalan Utama penghubung Kecamatan Simo dan Kecamatan Klego, Boyolali Longsor.Kamis (9/2/2023).(Foto: Dok. iNewsBoyolali.id).

BOYOLALI, iNewsBoyolali.id –  Hujan deras yang mengguyur wilayah Simo dan Klego, Boyolali, Jawa Tengah pada kamis siang hingga sore menyebabkan jalan utama penghubung Kecamatan Simo dan Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali, longsor.

Saat ini jalan berada di desa Tanjung, kecamatan klego yang berbatasan langsung dengan Desa Kedunglengkong Kecamatan Simo tersebut ditutup untuk sementara bagi semua jenis kendaraan, Jumat (10/2/2023).

Menurut salah satu warga Kedunglengkong, Nur Fauzan, peristiwa longsor terjadi pada Kamis sore sekitar pukul 16.00 WIB. Sebab ketika dirinya mendatangi lokasi pada Kamis sekitar pukul 16.30 WIB, kondisinya sudah longsor.

Diduga longsor terjadi karena tekanan air yang tinggi, yang datang dari sisi bukit. Terlebih pada beberapa hari terakhir turun hujan cukup deras di lokasi tersebut.

“Dua hari ini di guyur hujan terus, pada hari kamis kemarin hujan dari siang hingga sore sangat deras,” katanya.

Pantauan dilapangan, untuk menjaga keselamatan pengguna jalan, saat ini jalur tersebut ditutup untuk semua jenis kendaraan. Penutupan sudah dilakukan mulai simpang Kedunglengkong dan di dekat lokasi longsor. Sementara dari sisi Kecamatan Klego juga telah dilakukan penutupan. Warga yang ingin melintas, diarahkan menuju jalur alternative atau memutar.

Sementara, Kasat Lantas Polres Boyolali, AKP Herdi Pratama, mengatakan, curah hujan yang tinggi di lokasi tersebut menyebabkan terjadinya longsor di jalan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD dan Dishub Kabupaten Boyolali, untuk segera melakukan langkah-langkah yang dapat membantu para pengguna jalan. Kami sudah membantu untuk pengaturan lalu lintas. Untuk pengalihannya diarahkan ke Jl. Senopati,” katanya.

Kejadian tersebut juga mendapat respon cepat dari komisi tiga DPRD boyolali yang langsung melihat langsung dari dekat ke lokasi, dan sudah berkoordinasi dengan pihak dpu agar segera ditangani.

“Jadi ini kan bersifat bencanaan Jadi kemarin kami juga sudah mendapatkan masukan dari warga terkait dengan bencana ini terus kemudian kami dari Komisi 3 yang membidangi terkait dengan jalan ini kami menginisiasi dan Kemarin kami sudah telepon dengan dinas terkait ternyata dinas terkait itu sudah melakukan kajian secara teknis untuk segera ditangani,” kata suyadi ketua komisi 3 DPRD boyolali.

Editor : Tata Rahmanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network